Kunjungan Industri PT. Industri Jamu dan farmasi sido muncul, tbk.

Kunjungan Industri merupakan agenda tahunan Program Studi Akuntansi Politeknik Kediri. Dimana peserta dari kegiatan ini adalah Mahasiswa Akuntansi Semester II. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan mengenai pemanfaatan potensi sumber daya di daerah menjadi potensi pendapatan provinsi dan meningkatkan pengetahuan Mahasiswa mengenai perkembangan dunia industri sebagai bekal tambahan keahlian.

Pada tahun 2017 ini, Program Studi Akuntansi melaksanakan Kunjungan Industri ke PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, Tbk. yang terletak di Jalan Soekarno Hatta, Kecamatan Bergas, Ungaran-Kabupaten Semarang (Jl. Raya Semarang – Solo Km. 28). Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2017.

Acara dimulai pada pukul 13.00 WIB, diawali dengan penerimaan dari PT. Sido Muncul, Tbk. dan dilanjutkan dengan sambutan dari dosen pembimbing sebagai perwakilan dari Politeknik Kediri. Acara selanjutnya, yaitu observasi di PT. Sido Muncul, Tbk. dimana para peserta diajak berkeliling dan melihat serta diberikan penjelasan mengenai proses produksi mulai dari bahan baku sampai pada proses pengemasan. Para peserta juga diajak berkeliling ke R & D (Riset and Development), yaitu sebuah tempat yang digunakan oleh PT. Sido Muncul sebagai pusat penilitian dan pengembangan produk jamu Sido Muncul.

Setelah dari pabrik produksi jamu, para peserta melanjutkan observasi ke PT. Sido Muncul Pupuk Nusantara. PT. Sido Muncul Pupuk Nusantara ini merupakan anak perusahaan PT. Sido Muncul, Tbk. yang menangani masalah limbah hasil produksi, baik limbah cair, maupun limbah padat . Pupuk hasil pengolahan dari pabrik ini (dari pupuk cair hingga pupuk padat) diuji cobakan pada kebun percobaan yang terletak di depan pabrik pengolahan limbah.

Setelah itu para peserta diajak berkeliling ke Agrowisata Sido Muncul (Mini Zoo). Disini tedapat berbagai macam jenis hewan, dari hewan-hewan tersebut yang paling terkenal dan sangat ingin diketahui oleh para peserta adalah ikan Arapaima dari sungai Amazon, ikan ini memilki panjang sekitar 2 hingga 3 meter. Ikan ini ditempatkan  di sebuah aquarium dan kolam besar yang terdapat di Agrowisata Sido Muncul. Acara terakhir, yaitu semua peserta dikumpulkan di aula untuk sesi penutupan. Sesi ini diawali dengan tanya jawab antara peserta dan pihak dari PT. Sido Muncul, Tbk. kemudian dilanjutkan dengan sepatah-duapatah kata  dari pihak Sido Muncul dan dari Politeknik Kediri, dan diakhiri dengan penyerahan Vendel dari Politeknik Kediri kepada PT. Sido Muncul, Tbk. Acara Kunjungan Industri ini selesai sekitar pukul 04.00 WIB.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *