Profil

Program Studi Diploma Akuntansi Politeknik Kediri didirikan pada tanggal 8 April 2008. Program Studi Diploma Akuntansi didirikan secara bersama dengan Program Studi Diploma Perawatan dan Perbaikan Mesin, dan Program Studi Diploma Teknik Informatika sebagai program kerjasama pendirian Politeknik antara Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dengan Pemerintah Kota Kediri. Tujuan dari pendirian program studi di lingkuntan Politeknik Kediri adalah untuk memanfaatkan dan mengoptimalkan kemampuan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dengan Pemerintah Kota Kediri dalam rangka meningkatkan kapasitas pendidikan tinggi vokasi melalui pendirian politeknik.

Struktur organisasi Program Studi Akuntansi disusun berdasarkan Statuta Politeknik Kediri dan didesain untuk menjawab tantangan dan peluang yang dihadapi Program Studi Akuntansi dalam mengimplementasikan visi, misi, tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan. Direktur Politeknik Kediri saat ini adalah Drs. Bambang Soekodiono,MT., sedangkan Ketua Program Studi Akuntansi adalah Dion Yanuarmawan, S.H., M.AB.

Program Studi Diploma III Akuntansi diasuh oleh 13 orang dosen, terdiri dari 10 orang dosen tetap dan 3 orang dosen luar biasa. Tingkat pendidikan dosen tetap untuk jenjang pendidikan program diploma III cukup representative, yaitu: 10 dosen tetap berpendidikan S-2, 1 dosen luar biasa berpendidikan S-3, dan 2 dosen luar biasa berpendidikan S-2.

Jumlah mahasiswa Program Studi Diploma Akuntansi sampai dengan tahun akademik 2016/2017 adalah 221 mahasiswa. Komposisi latar belakang mahasiswa Program Studi Diploma Akuntansi adalah sekitar 65% lulusan SMU, 30% SMK, dan 5% MAN, dengan latar belakang sosial ekonomi mayoritas menengah ke bawah yang berasal dari berbagai daerah di Kediri dan sekitarnya.

Berbagai sarana dan prasarana perkuliahan termasuk fasilitas pendukung lainnya sudah tersedia, seperti laboratorium, perpustakaan, ruang kuliah ber AC, laptop, LCD, ruang server, kendaraan operasional, dan lain-lain. Selain itu, juga tersedia fasiltas lainnya seperti internet, sarana olah raga, dan lain-lain.

Kompetensi utama lulusan

  1. Mampu mengidentifikasi transaksi dan melakukan pencatatan akuntansi atas transaksi entitas tunggal (yaitu perusahaan perseorangan, CV, firma, Perseroan Terbatas) dan entitas yang memiliki 1(satu) anak perusahaan berdasarkan dokumen yang relevan.
  2. Mampu memproses buku besar, menyusun neraca percobaan, membuat jurnal penyesuaian, dan mengidentifikasi kesalahan pencatatan, dan melakukan jurnal koreksi atas keslaahan tersebut, melakukan rekonsilisasi bank, dan penundaan pengakuan suatu akunentitas tunggal (yaitu perusahaan perseorangan, CV, firma, Perseroan Terbatas) dan entitas yang memiliki 1(satu) anak perusahaan berdasarkan dokumen yang relevan.
  3. Mampu dibawah supervisi, menyusun laporan keuangan yang terdiri atas (1) laporan laba rugi dan laporan laba komprehensif (2) laporan perubahan ekuitas (3) laporan posisi keuangan (4) laporan arus kas (5) catatan atas laporan keuangan untuk entitas tunggal (yaitu perusahaan perseorangan, CV, firma dan Perseroan Terbatas) dan entitasyang memiliki 1(satu) anak perusahaan dengan memanfaatkan teknologi informasi atau manual sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku.
  4. Mampu mengevaluasi kesesuaian penyajian akun-akun dalam laporan keuangan yang menjadi tanggungjawabnya sesuai dengan standar yang telah ditentukan.
  5. Mampu menghitung rasio keuangan yang terdiri atas rasio profitabilitas, rasio likuiditas, rasio solvabilitas, dan rasio aktivitas.
  6. Mampu menghitung harga pokok dengan metode akuntansi biaya tradisional, meliputi system job order costing maupun process costing berdasarkan data yang tersedia sebagai dasar dalam penyusunan laporan harga pokok produksi.
  7. Mampu dibawah supervisi menghitung titik impas dalam rangka perencanaan.
  8. Mampu dibawah supervisi menghitung varians dalam rangka mendukung pengendalian.
  9. Mampu dibawah supervisi menyusun anggran operasional dan anggaran keuangan.
  10. Mampu mengidentifikasi, menghitung, dan melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) sehubungan dengan kewajiban perpajakan :
    • Pajak Penghasilan (PPh) orang pribadi.
    • Pajak Penghasilan (PPh) Badan, Pajak Pertambahan Nilai (PPN), dan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPn BM) untuk perusahaan perseorangan, CV, Firma, dan entitas dengan 1 (satu) anak perusahaan sesuai dengan perundangan dan peraturan yang berlaku di Indonesia dengan memanfaatkan teknologi informasi atau manual.
  11. Mampu membuat bukti potong atas PPh pasal 21,22,23,26, dan PPh final serta bukti pungut PPh Pasal 22 dan PPN sesuai dengan perundangan dan peraturan yang berlaku di Indonesia.
  12. Mampu mengisi Surat Setoran Pajak (SSP) atas Pajak Penghasilan (PPh), Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku di Indonesia.
  13. Mampu dibawah supervise melaksanakan prosedur audit.
  14. Mampu mengidentifikasi, mendokumentasikan dan memanfaatkan sistem informasi akuntansi.
  15. Mampu mengoperasikan dan memanfaatkan piranti lunak (aplikasi pengolah angka, aplikasi pengolah data, aplikasi presentasi dan aplikasi akuntansi) dalam rangka penyusunan laporan keuangan, anggaran, administrasi perpajakan dan pengauditan.
  16. Mampu menerapan teknik manajemen keuangan dalam perhitungan nilai waktu uang dan penganggaran modal dengan data yang tersedia.

Kompetensi pendukung lulusan

  1. Mampu menyusun laporan keuangan komersial maupun fiskal dengan menggunakan software akuntansi.
  2. Mampu melakukan audit berbasis IT.
  3. Mampu menghitung pajak baik untuk wajib pajak orang pribadi dan/atau badan.
  4. Mampu membuat flowchart untuk berbagai jenis transaksi bisnis dengan menggunakan software akuntansi.
  5. Mampu membuat laporan keuangan perbankan.
  6. Mampu menyusun laporan keuangan pemerintahan berbasis aktual.

Kompetensi lainnya/pilihan lulusan

  1. Mampu berkomunikasi dengan baik dan benar menggunakan bahasa Indonesia maupun bahasa asing (bahasa inggris).
  2. Mampu membuka bisnis berskala mikro.
  3. Mampu mengoperasikan Microsoft.